Berita

//

Pj Wako Jadi Irup Peringatan Hari Pahlawan 2023

2023-11-10 01:49:00 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Pahlawan tingkat Kota Lubuklinggau tahun 2023 di Lapangan Perbakin Kelurahan Kayuara, Jumat (10/11/2023).

Dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial, Pj Wako H Trisko Defriyansa mengatakan tema Hari Pahlawan tahun ini adalah ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’.

Tema ini sambungnya, diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

Mengingat bangsa Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut melimpah serta kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

“Inilah tantangan sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan Negara,” ujarnya.

Ancaman dan tantangan tersebut bisa ditaklukkan dengan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945 silam.

Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika diikuti niscaya membawa jejak kemenangan.

Para pahlawan telah mengajarkan bahwa Indonesia bukanlah bangsa pecundang. “Kita tak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan, tentu akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” tegasnya.

Dengan hanya berbekal bambu runcing, para pahlawan dalam pertempuran 10 November 1945 menghadapi musuh yang merupakan pemenang Perang Dunia (PD) dengan persenjataan terbaiknya.

Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu.

Bersyukur saat ini, semangat untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri.

Usai upacara dilakukan pemberian bingkisan kepada 110 orang veteran dan PEPABRI, dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Patria Bukit Sulap Kelurahan Tapak Lebar Kecamatan Lubuklinggau Barat ll Kota Lubuklinggau.

Upacara diikuti ASN, TNI, Polri dan pelajar.(*Acm).




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 2130
  • Kemarin 2494
  • Minggu ini 23780
  • Bulan Ini 75139
  • Total 913002

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?